Advertising adalah usaha yang bergerak di bidang periklanan. Advertising tidak akan pernah lepas dari ide. Karena dari ide inilah suatu iklan menjadi bernilai. Advertising menyediakan jasa pembuatan konsep, percetakan serta penempatan iklan, tergantung dengan jenis usaha advertising.
Seiring dengan pesatnya dunia bisnis dan usaha, advertising dapat menjadi salah satu alternatif usaha, karena hampir semua perusahaan membutuhkan jasa periklanan. Bahkan, biasanya dalam suatu perusahaan, marketing adalah hal yang paling utama. Jadi, pangsa pasar untuk usaha advertising sangat luas.
Dalam hal keuangan, advertising tidak membutuhkan banyak modal, karena fungsinya hanya sebagai distributor dengan mengandalkan kreatifitas. Advertising hanya memberikan ide ide kreatif pada produk iklan.

Perkembangan dunia usaha yang semakin pesat membuka pintu bisnis untuk membuka usaha di bidang periklanan. Dengan berbagai produk yang bisa dibuat, maka adverstising mampu memberikan pilihan bagi marketing untuk masuk ke dalam pasar. Contoh produk advertising adalah sticker, pin, poster, flyer, spanduk, x-banner, roll banner, one way vision, blocknote,
Usaha advertising dapat dimulai dengan berjualan produk advertising yang kecil – kecil seperti stiker, pin, atau mug. Hal ini dapat dilakukan dengan tanpa modal, yaitu dengan teknik pre-order. Jadi sebelum barang itu dicetak atau dibuat, calon pembeli diberikan sampel desain terlebih dahulu untuk meminimalisir kerugian. Setelah calon pembeli memilih desain yang ingin dicetak, maka calon pembeli harus membayar penuh didepan agar dapat segera dicetak.
Anda dapat menawarkan hasil desain anda ke teman – teman anda, saudara, atau bahkan masuk ke instansi instansi besar. Semakin banyak link ke instansi, semakin besar kemungkinan anda mendapatkan pelanggan atau returning user. Dan semakin besar pula pasar untuk anda.
Usaha advertising dapat dikembangkan menjadi lebih luas lagi dengan fokus pada salah satu produk, contohnya buku angkatan.
 Usaha advertising yang fokus pada buku tahunan mempunyai prospek yang lebih besar lagi, karena hampir setiap sekolah pada masa kelulusan pasti membuat buku angkatan. Dengan bermodal keahlian desain dan fotografi, anda dapat mengembangkan usaha advertising fokus ke pembuatan buku angkatan.



Komentar